Tautan-tautan Akses

Delegasi Uni Eropa di WTO Tangkis Tuduhan Halangi Penghapusan Subsidi Pertanian


Para pejabat dari 149 negara anggota Organisasi Perdagangan Sedunia atau WTO telah mengakhiri pembicaraan sehari mereka di Hong Kong. Para Delegasi Uni Eropa hari ini membela diri mereka terhadap tuduhan bahwa mereka menghalangi terobosan mengenai subsidi pertanian. Mereka mengatakan Ketua WTO menggambarkan tawaran mereka adalah serius dan kredibel.

Direktur Jenderal WTO Pascal Lamy mengatakan kepada para delegasi kalau mereka bertindak dengan tegas dan berani mengambil resiko masih akan ada kesempatan untuk mencapai kesepakatan dalam pertemuan itu. Tetapi harapan tipis bahwa perundingan enam hari itu akan menghasilkan konsensus mengenai beberapa isu yang dipertentangkan, khususnya mengenai subsidi pertanian.

Negara-negara kaya menghendaki negara-negara berkembang mencabut pengenaan bea-cukai terhadap produk perpabrikan dan pelayanan. Negara-negara miskin mengatakan, mereka tidak akan berbuat demikian sampai negara-negara industri menghapus rintangan terhadap perdagangan hasil pertanian.

XS
SM
MD
LG