Tautan-tautan Akses

ElBaradei Terima Hadiah Nobel, Desak Usaha Perlucutan Senjata Nuklir


Direktur Badan Tenaga Atom Internasional Mohammad ElBaradei -- yang sedang berada di Norwegia untuk menerima hadiah Nobel Perdamaian – menantang negara-negara yang sudah diketahui memiliki senjata nuklir agar memimpin usaha menuju perlucutan senjata nuklir. Mohammed ElBaradei dan Badan PBB yang dipimpinnya akan dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian hari ini.

Berbicara di Oslo kemarin, ElBaradei mengatakan apa yang disebut negara-negara nuklir harus memimpin dengan memberi contoh dan membuang senjata nuklir mereka. ElBaradei mengatakan ancaman kelompok teroris memperoleh senjata nuklir tetap sangat mungkin, dan IAEA memegang peran yang semakin penting dalam membantu untuk menghentikan penyebaran senjata nuklir.

Mengenai program nuklir Iran, ia mendesak para pemimpin Eropa agar terus melakukan pembicaraan dengan Teheran. Ia mengatakan penggunaan kekuatan militer terhadap negara Islam itu akan sama sekali kontra-produktif, dan memperingatkan Iran agar memperlancar kerjasama sebelum ia mengajukan laporannya yang berikut mengenai program nuklir Iran bulan Maret.

XS
SM
MD
LG