Tautan-tautan Akses

Para Menteri Luar Negeri Asia Tenggara Mengkritik Pemerintahan Militer Birma


Para menteri luar negeri Asia Tenggara secara terbuka mengkritik pemerintahan militer Birma karena tidak melaksanakan reformasi demokrasi.

Mengadakan pertemuan di Kuala Lumpur menjelang KTT Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara(ASEAN) pekan depan, Menteri luar negeri Malaysia mengatakan dia dan para menteri luar negeri lainnya membahas perlunya bagi Birma untuk lebih responsif terhadap masyarakat internasional.

Syed Hamid Albar mengatakan negara-negara Asia Tenggara bersedia bekerja-sama dengan Birma yang juga anggota ASEAN, tetapi pemerintahan militer Birma harus mengambil langkah-langkah yang akan menimbulkan kepercayaan dan kredibilitas.

Menteri Luar Negeri Indonesia Hasan Wirayuda juga menambahkan dengan mengatakan para menteri luar negeri ASEAN telah melakukan pendekatan sangat penting terhadap tidak terjadinya reformasi demokrasi di Birma.Hari Kamis kemarin, menteri luar negeri Malaysia mengatakan para pemimpin ASEAN tidak dapat dicegah untuk membicarakan Birma pada KTT yang akan datang, tetapi topik itu tidak termasuk dalam agenda pembicaraan resmi.

XS
SM
MD
LG