Tautan-tautan Akses

Spanyol Tahan Penjahat Perang Kroasia


Sebuah pengadilan di Spanyol meminta agar tersangka penjahat perang Kroasia, Jenderal Ante Gotovina yang buron sejak tahun 2001, ditahan sambil menunggu perintah ekstradisi ke Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda.

Jenderal Gotovina dibawa ke pengadilan itu di Madrid hari Kamis setelah ditangkap Rabu malam di Kepulauan Canary. Ia salah seorang tersangka yang paling dicari-cari Mahkamah Internasional. Mahkamah Internasional mendakwa Jenderal Gotovina seputar peranannya dalam kematian penduduk sipil semasa ofensif tahun 1995 di daerah Kroasia yang dikuasai suku Serbia.

Uni Eropa menyatakan, tertangkapnya Jenderal Gotovina menyingkirkan satu perintang penting bagi kemungkinan Kroasia menjadi anggota Uni Eropa. Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika juga menyambut baik berita penangkapan itu, dan mengatakan hal itu langkah penting ke arah keanggotaan Kroasia dalam NATO.

Tetapi beberapa ratus pendukung jenderal itu hari Kamis berdemonstrasi di Zagreb memprotes penangkapannya. Mereka menyebut Gotovina pahlawan yang menolong membebaskan Kroasia dari suku Serbia.

XS
SM
MD
LG