Tautan-tautan Akses

Bush Membela dengan Kuat Strategi Perang Iraknya


Presiden Bush membela dengan kuat strategi perang Iraknya, menolak memberikan jadwal bagi penarikan tentara Amerika dan menghimbau agar Amerika sabar sementara tentara Amerika melatih tentara Irak menjaga keamanan negara mereka. Bush menguraikan apa yang ia sebut “Strategi Nasional bagi Kemenangan di Irak” dalam pidato kemarin di Akademi Angkatan Laut AS di Annapolis, Maryland.

Presiden Bush mengatakan kemajuan yang dicapai dalam melatih tentara Irak akan memungkinkan tentara Amerika memainkan peran yang lebih sedikit. Dia mengulangi peringatannya bahwa batas waktu bagi penarikan tentara Amerika akan membuat pemberontak lebih berani. Pidato itu, yang pertama dari tiga pidato yang akan disampaikan Bush menjelang pemilihan Irak tanggal 15 Desember, terjadi pada saat Bush menghadapi kecaman yang makin meningkat di Amerika terhadap kebijakannya mengenai Irak.

Tokoh-tokoh dari Partai Demokrat menyebut pidato Bush itu sebagai retorika yang sudah sering disampaikan sebagai alasan supaya tentara Amerika tetap berada di Irak, namun pidato itu tidak membicarakan kenyataan di Irak. Tokoh-tokoh dari Partai Republik memuji pidato presiden itu. Ken Mehlman, ketua Komisi Nasional Partai Republik, menuduh tokoh-tokoh Partai Demokrat mencoba memanfaatkan perang Irak untuk memperoleh keuntungan politik.

XS
SM
MD
LG