Tautan-tautan Akses

Bom Bunuh Diri di Dua Kota Bangladesh, Sedikitnya 10 Orang Tewas


Pihak Kepolisian Bangladesh mengatakan, pemboman bunuh diri di dua kota telah mengakibatkan paling sedikit 10 orang tewas, dan lebih dari 60 orang luka-luka.

Belum ada yang menyatakan bertanggung jawab atas tindakan itu, tetapi para penyelidik kepolisian menunjuk pada kelompok militan Islam terlarang yang dikenal dengan nama Jamatul Mujahedin Bangladesh, yang dituduh melakukan penegboman lain sebelumnya tahun ini. Kelompok itu menuntut agar hukum Islam berlakukan di negara yang mayoritas penduduknya Muslim tapi sekuler itu.

Serangan pertama hari Selasa terjadi di luar sebuah pengadilan di kota pelabuhan Chittagong di selatan, dan tidak lama kemudian terjadi serangan bom yang dilakukan di luar perpustakaan pengadilan di kota Gazipur, dekat Dhaka. Diantara mereka yang cedera terdapat para petugas kepolisian dan pengacara.

Setelah terjadi ledakan bom itu, para pengacara di seluruh Bangladesh memboikot pengadilan dan melakukan protest, menuntut agar pemerintah mengambil tindakan untuk mengakhiri serangan. Para pengacara telah menyerukan aksi unjuk rasa lagi hari Rabu ini. Dan pemogokan umum diduga akan dilakukan tanggal 1 Desember mendatang.

XS
SM
MD
LG