Tautan-tautan Akses

Enam Tewas Akibat Kekerasan Dekat Baghdad


Pemerintah Irak menerangkan, kawanan bersenjata menewaskan enam orang dalam kekerasan dekat Baghdad. Hari Senin penyerang menyergap satu kendaraan membunuh 3 anggota senior Partai Islam Irak termasuk Ayad al-Izzi, salah seorang calon dalam pemilihan Parlemen bulan depan. Presiden Jalal Talabani mengutuk serangan itu dan mengatakan Izzi dibunuh karena ia Muslim yang baik yang menolak kekerasan dan terorisme.

Secara terpisah kawanan bersenjata menembaki sebuah bus yang membawa warga Syi’ah penziarah menewaskan tiga orang dan melukai beberapa lainnya. Kementerian Luar Negeri Inggris sedang menyelidiki laporan bahwa paling tidak 2 warga Inggris termasuk di antara yang tewas dalam serangan itu.

Di Washington – juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Duta Besar Amerika untuk Irak, Zalmay Khalilzad telah diberi wewenang untuk bertemu dengan pemimpin-pemimpin Iran membicarakan Irak. Amerika memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran menyusul tindakan mahasiswa Iran menduduki Kedutaan Amerika di Teheran tahun 1979.

XS
SM
MD
LG