Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Melanda Iran Selatan


Gempa bumi kuat melanda sebuah daerah yang jarang penduduknya di pesisir Teluk Persia di Iran, menewaskan sekurang-kurangnya 10 orang dan mencederai sejumlah lainnya. Kantor berita resmi Iran mengatakan gempa berkekuatan 5,9 itu menggoncang daerah tersebut hari Ahad tengah hari dekat pulau Qeshm.

Kantor berita itu mengatakan rumah-rumah sakit setempat penuh dengan orang-orang yang cedera. Belum ada laporan mengenai kerusakan yang meluas atau orang-orang yang mengalami luka-luka dalam jumlah besar di kota pelabuhan daratan Iran di dekatnya, Bandar Abbas.

Para pejabat mengatakan kota Qeshm juga terhindar dari kerusakan besar, yang terutama terbatas di kurang lebih setengah lusin desa di bagian paling barat pulau itu. Qeshm adalah pulau Iran terbesar di Teluk Persia, yang dihuni oleh 100.000 orang.

Dalam bulan Februari, gempa berkekuatan 6,4 di utara Qeshm menewaskan lebih dari 600 orang. Dua tahun lalu kota Bam di Iran tenggara rata akibat gempa berkekuatan 6,7 yang mengakibatkan lebih dari 31,000 orang tewas.

XS
SM
MD
LG