Tautan-tautan Akses

Israel: Pembukaan Pos Gaza-Mesir Langkah Penting Bagi Status Negara Palestina


Para pejabat di Jalur Gaza mengatakan hampir 1600 orang melewati perbatasan internasional Rafah yang berbatasan dengan Mesir hari Sabtu pada jam-jam pertama pos perbatasan itu berada dibawah kekuasaan Palestina.

Peristiwa itu menandai pertama kalinya dalam 38 tahun Palestina menguasai perbatasan internasional. Lintas batas itu hanya akan dibuka beberapa jam sehari sampai rombongan lengkap pemantau Uni Eropa tiba di tempat itu.

Para pengamat politik mengatakan lintas batas baru itu memberikan dorongan kepada Pemimpin Palestina aliran moderat Mahmoud Abbas menjelang pemilihan anggota parlemen yang penting dalam bulan Januari. Gerakan Fatah yang berkuasa pimpinan Mahmoud Abbas menghadapi tantangan berat dalam pemungutan suara itu dari kelompok militan Islam Hamas.

Para pejabat Israel mengatakan dibukanya pos perbatasan baru itu merupakan langkah penting ke arah status kenegaraan Palestina. Tetapi jurubicara Israel, Mark Regev, mengatakan kepada VOA bahwa keberhasilan pos perbatasan itu tergantung pada usaha Palestina untuk menundukkan teroris.

XS
SM
MD
LG