Tautan-tautan Akses

Warga Palestina di Jalur Gaza Mulai Melintasi Perbatasan Dengan Mesir


Warga Palestina di Jalur Gaza telah mulai melintasi perbatasan dengan Mesir pada hari pertama dibukanya terminal yang dikuasai Palestina. Terminal itu menghubungkan daerah-daerah di perbatasan kedua negara.

Bus pertama yang memuat warga Palestina melalui terminal Rafah sekitar tengah hari waktu setempat, Sabtu ini. Para saksi mengatakan, puluhan orang memenuhi bus itu, sedangkan ratusan orang lainnya menunggu.

Penguasa Palestina secara resmi membuka lintas perbatasan itu Jumat kemarin. Gerbang perbatasan itu hanya buka 4 jam sehari sampai ke-70 orang pemantau dari Uni Eropa tiba dan mulai bertugas.

Sebagai bagian dari kesepakatan yang diperantarai Amerika, tidak akan ada petugas Israel di tempat itu, tetapi tim gabungan Israel dan Palestina akan dapat memantau perbatasan dengan menggunakan kamera keamanan yang dipasang di tempat penyeberangan.

Israel menutup tempat itu September lalu setelah menarik diri dari Gaza, dan selama berbulan-bulan tidak mau membuka kembali gerbang perbatasan itu, dengan alasan senjata dapat diselundupkan dari mesir ke Gaza.

XS
SM
MD
LG