Tautan-tautan Akses

Pengawas HAM Eropa Perluas Penyidikan Tuduhan Adanya Penjara Internasional CIA


Pengawas Hak Asasi Manusia Eropa telah memperluas penyidikan terhadap tuduhan adanya jaringan penjara internasional yang dikelola oleh Dinas Intelijen Amerika, CIA.

Dewan Eropa mengatakan, mereka sedang menyelidiki apakah bandar-bandar udara Eropa digunakan oleh pesawat CIA yang mengangkut tahanan ke fasilitas-fasilitas penjara rahasia. Dewan itu sudah menyelidiki keberadaan penjara CIA di negara-negara Eropa.

Secara terpisah, Austria hari ini mengatakan, sebuah pesawat yang dicurigai mengangkut tahanan teroris melintasi wilayah udaranya tahun 2003. Panglima angkatan udara Austria mengatakan kepada radio Austria bahwa jet-jet militer mara ke udara untuk mencegat pesawat itu, sebuah Hercules C-130, yang tinggal landas dari Jerman tetapi tidak menemukan ada yang salah dan mengizinkan pesawat itu melanjutkan penerbangan ke Baku, Azerbaijan.

Menurut laporan, CIA telah menahan dan meng-interogasi tersangka teroris di penjara-penjara rahasia di beberapa negara lain, guna mengelakkan undang-undang Amerika yang melindungi tahanan. Pihak berwenang Amerika telah menolak mengukuhkan ataupun membantah laporan itu.

XS
SM
MD
LG