Tautan-tautan Akses

Perunding Eropa Bersedia Memulai Lagi Pembicaraan Nuklir Dengan Iran


Para perunding Eropa tampaknya bersedia memulai lagi pembicaraan nuklir dengan Iran yang macet dalam bulan Agustus setelah Teheran mengakhiri pemberhentian kegiatan pemrosesan uranium.

Para diplomat Barat mengatakan hari Selasa bahwa Inggris, Prancis dan Jerman bersiap-siap bertemu dengan para perunding Iran untuk membahas sebuah usul Rusia yang akan memungkinkan Iran mengirim bahan bakar nuklirnya ke Rusia untuk diproses. Langkah itu bertujuan untuk mengurangi keprihatinan Barat bahwa Iran berusaha membuat senjata nuklir.

Para perunding tersebut yang dekat dengan Badan Tenaga Atom Internasional yang berpusat di Wina mengatakan, tanggal 6 Desember sedang dirundingkan untuk ditetapkan sebagai kemungkinan saat diadakannya pertemuan, tetapi belum pasti.

Perkembangan itu terjadi sehari setelah para diplomat mengatakan, Amerika dan Eropa tidak akan mendesak diserahkannya kasus Iran kepada Dewan Keamanan PBB untuk kemungkinan dijatuhi sanksi pada waktu Dewan Badan Tenaga Atom, IAEA mengadakan pertemuan hari Kamis.

XS
SM
MD
LG