Tautan-tautan Akses

Ariel Sharon Resmi Keluar Dari Partai Likud


Perdana menteri Israel, Ariel Sharon resmi keluar dari Partai Likud yang memerintah dengan alasan Likud tidak lagi bisa membimbing Israel mencapai tujuan nasionalnya. Dalam keterangan Senin malam, Sharon mengatakan ia dulu turut mendirikan Partai Likud untuk menciptakan harapan bagi bangsa Israel. Dan harapan itu, katanya, sudah tidak ada lagi.

Selanjutnya Sharon mengatakan, partai baru yang direncanakan akan dibentuknya bakal bekerja untuk menetapkan garis perbatasan permanen antara Israel dan Palestina.

Ia juga mengatakan, ia tidak mempunyai rencana melakukan penarikan sepihak lagi dari Tepi Barat sebagaimana dilakukannya dari daerah Gaza awal tahun ini. Tanggal pemilihan umum Israel bulan Maret nanti diduga akan diumumkan dalam beberapa hari ini.

Perunding utama Palestina, Saeb Erakat menyebut keluarnya Sharon dari Partai Likud sebagai ‘gunung api politik’ dan akibat pertikaian Israel-Palestina. Ia menyebut putusan Sharon itu perkembangan politik paling penting di Israel sejak tahun 1967.

XS
SM
MD
LG