Tautan-tautan Akses

Ariel Sharon Bermaksud Keluar dari Partai Likud dan Berkampanye Terpisah


Laporan dari Israel mengatakan, Perdana Menteri Israel Ariel Sharon bermaksud keluar dari Partai Likud dan berkampanye terpisah dalam pemilihan umum nasional.

Menurut media Israel yang mengutip sumber-sumber yang dekat dengan Sharon, perdana menteri itu akan bertemu dengan Presiden Moshe Katsav hari ini untuk memintanya membubarkan parlemen – yang dengan demikian mengharuskan pemilihan umum baru dalam waktu 90 hari.

Sumber-sumber itu mengatakan, Sharon membuat keputusan itu setelah berembuk dengan para pembantu utamanya dan sejumlah menteri utama kabinet.

Sharon membantu membentuk Partai Likud awal tahun 1970-an dengan program memperluas permukiman Yahudi di wilayah-wilayah yang diduduki.

Keputusannya untuk mundur dari Jalur Gaza dan bagian-bagian Tepi Barat tahun ini mendapat perlawanan keras dari kalangan garis keras dalam partai. Sharon berhasil mengalahkan kalangan garis-keras itu dengan bantuan Partai Buruh yang moderat yang menyertai pemerintah koalisi tahun lalu.

Namun ketua Partai Buruh yang baru Amir Peretz, memutuskan untuk keluar dari koalisi – antara lain karena perselisihan dalam hal kebijakan ekonomi.

XS
SM
MD
LG