Tautan-tautan Akses

Negara Donor Janjikan Bantuan Hampir 6 Milyar Dolar Untuk Gempa Pakistan


Negara-negara donor menjanjikan bantuan sebesar hampir enam milyar dolar untuk membantu Pakistan membangun kembali wilayah yang hancur akibat gempa bulan lalu. Lebih dari 70 ribu orang tewas dan tiga juta lainnya kehilangan tempat tinggal akibat gempa tanggal 8 Oktober di Kashmir Pakistan.

Sekjen PBB Kofi Annan mengatakan di depan utusan dari lebih dari 70 negara dan badan-badan internasional dalam konferensi di Islamabad itu, banyak korban yang selamat akan tewas kalau bantuan tidak sampai ke tangan mereka sebelum musim dingin tiba.

Bank Dunia dan Bank Pembangunan Asia masing-masing menjanjikan satu milyar dolar, Amerika dan Bank Pembangunan Islam masing-masing menjanjikan setengah milyar dolar.

Presiden Pakistan Pervez Musharraf memuji India atas dukungannya, dan mengatakan, kedua negara harus bekerjasama menyelesaikan persengketaan mengenai Kashmir.

Di Kashmir, tentara India dan Pakistan hari Sabtu membuka perbatasan, sehingga warga Kashmir India dapat mengunjungi sanak saudara mereka di Kashmir Pakistan, untuk pertamakalinya dalam hampir 60 tahun, tetapi tidak ada warga Kashmir Pakistan yang diizinkan masuk ke Kashmir India.

XS
SM
MD
LG