Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin ke-21 Negara APEC Membuka KTT di Busan, Korea Selatan


Para pemimpin ke-21 negara Forum APEC telah membuka KTT dua hari di Busan, Korea Selatan, sementara itu terjadi demonstrasi protes di luar pembicaraan tadi yang berubah menjadi tindak kekerasan.

Para anggota APEC menyerukan Uni Eropa menunjukkan fleksibilitas dalam pembicaraan perdagangan global. Berbicara Jumat ini , Menteri LN Korea Selatan Ban Ki-moon mengatakan para pemimpin Asia-Pasifik sepakat bahwa langkah Uni Eropa sangat penting bagi keberhasilan pembicaraan WTO mendatang di Hong Kong. Para pemimpin Australia dan Thailand juga memberikan pernyataan serupa.

Para pemimpin APEC termasuk Presiden Bush diduga akan mendorong dikeluarkannya pernyataan, Saptu, yang menyerukan para anggota WTO agar menembus kemacetan mengenai masalah subsidi pertanian.

Jumat pagi tadi, para menteri LN Cina dan Chili menandatangani persetujuan perdagangan, yang pertama antara kedua negara itu.

Polisi menggunakan semprotan air untuk membubarkan ratusan demonstran yang melemparkan batu-batu dan benda lainnya terhadap polisi.

XS
SM
MD
LG