Tautan-tautan Akses

Pihak Militer AS Membela Penggunaan Fosfor Putih di Irak


Pihak militer Amerika membela penggunaan fosfor putih terhadap pemberontak di Irak, tetapi membantah menggunakannya terhadap penduduk sipil. Seorang jurubicara Pentagon mengatakan kepada wartawan hari ini bahwa fosfor putih adalah senjata konvensional, bukan senjata kimia, dan digunakan terutama sebagai tabir asap atau untuk menandai sasaran. Tetapi katanya bahan itu juga digunakan terhadap kombatan musuh, termasuk bulan November lalu sewaktu ofensif mengusir pemberontak dari kota basis mereka, Fallujah.

Sebuah film dokumenter televisi Italia yang ditayangkan pekan lalu, menuduh militer Amerika membunuh warga sipil di Falllujah dengan fosfor putih yang mudah terbakar dan dapat menyebabkan luka serius. Pejabat Pentagon itu membantah tuduhan tersebut. Katanya militer Amerika tidak menjadikan warga sipil sebagai sasaran. Fosfor putih tidak dilarang oleh perjanjian manapun yang ditandatangani oleh Amerika Serikat. Para pejabat militer Inggris juga mengukuhkan pasukan mereka di Irak telah menggunakan fosfor putih sebagai perlindungan tabir asap.

Dalam pada itu, pihak militer Amerika di Irak mengatakan, lima anggota marinir dan 16 pemberontak tewas dalam pertempuran kota perbatasan barat Ubaydi. Anggota marinir dan pemberontak itu tewas dalam pertempuran hari ini, saat Operasi Tirai Baja berlanjut dalam usaha menyingkirkan pemberontak dari kota itu, yang terletak sekitar 20 kilometer dari Syria.

Sementara itu, partai politik utama Arab Sunni Irak menuntut penyidikan internasional atas tuduhan bahwa para tahanan diperlakukan sewenang-wenang dan kemungkinan disiksa di sebuah penjara rahasia yang dikelola Kementerian Dalam Negeri. Hari Selasa, Perdana Menteri Ibrahim al-Jaafari berjanji akan menyelidiki tuduhan itu.

Pasukan Amerika menemukan penjara rahasia itu hari Minggu di Bagdad, dan mengatakan 168 tahanan disekap disana, semua kecuali tiga orang adalah sunni. Para tahanan itu dibiarkan lapar, dipukuli dan sejumlah diantara mereka tampaknya disiksa.

XS
SM
MD
LG