Tautan-tautan Akses

Rice: Korea Utara Tidak Serius Mengenai Pembongkaran Program Senjata Nuklirnya


Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Condoleeza Rice mengatakan bahwa Korea Utara masih belum memperlihatkan keseriusannya mengenai pembongkaran program senjata nuklirnya.

Menteri Rice berbicara kepada para wartawan hari Rabu ini pada forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik di Busan, Korea Selatan.

Dia mengatakan Pyongyang tidak memperlihatkan bentuk keterlibatan yang diharapkan Amerika pada babak terbaru perundingan nuklir enam negara yang berakhir di Beijing pekan lalu tanpa kemajuan apapun.

Dalam perundingan itu, Washington menolak tuntutan Korea Utara untuk memperoleh konsesi Amerika Serikat sebagai ganti penutupan reaktor nuklir Korea Utara yang dapat memproduksi plutonium

Menteri Rice juga membicarakan kondisi hak azasi manusia di Birma. Ia mengatakan, para anggota APEC seharusnya lebih keras mengkritik pemerintah militer di Rangun atas apa yang ia sebut pelangggaran HAM yang mengerikan.

Sebelumnya hari ini, Menteri Rice mendesak negara-negara Asia Pasifik untuk bersatu menyelenggarakan poerdagangan yang lebih bebas, memerangi terorisme dan mencegah flu burung.

XS
SM
MD
LG