Tautan-tautan Akses

Tony Blair: Inggris Hadapi Ancaman Teroris


Perdana menteri Inggris Tony Blair mengatakan, negaranya menghadapi ancaman teroris yang sesungguhnya meskipun Parlemen hari Rabu menolak langkah keamanan yang lebih keras. Juru bicara Blair hari Kamis mengatakan Blair berpendapat ada ‘perbedaan yang mengkhawatirkan’ antara pandangan beberapa anggota Parlemen dan realita ancaman teroris.

Dalam pemungutan suara, pemberontak dari fraksi Partai Buruh – partai Tony Blair – bergabung dengan fraksi oposisi mengalahkan rancangan UU yang seyogianya membolehkan yang berwajib menahan tersangka sampai 90 hari tanpa dikenakan tuduhan. Alih-alih mereka memperpanjang penahanan 14 hari yang berlaku sekarang menjadi 28 hari.

Hasil pemungutan suara itu merupakan kekalahan besar pertama bagi Blair sejak ia menjabat perdana menteri delapan tahun lalu. Menteri Dalam Negeri Charles Clarke mengatakan, Blair masih tetap berpendapat bahwa ia benar dalam memperjuangkan penahanan 90 hari. Popularitas Blair telah jatuh sejak Inggris ikut dalam perang pimpinan Amerika di Irak dua tahun lalu.

XS
SM
MD
LG