Tautan-tautan Akses

Pengadilan Australia Perintahkan 17 Tersangka Teroris Tetap Dalam Tahanan Kepolisian


Pengadilan di Australia telah memerintahkan 17 orang tersangka teroris agar tetap dalam tahanan kepolisian setelah penangkapan hari Selasa dalam penggerebegan dini hari.

Polisi mengatakan penangkapan di Melbourne dan Sydney itu menggagalkan rencana serangan teroris secara besar-besaran. Salah seorang dari mereka yang ditahan itu adalah Abu Bakr, seorang ulama Muslim kelahiran Aljazair yang telah memuji Osama Bin Laden sebagai tokoh besar.

Polisi mengatakan, seorang tersangka yang terkena tembakan dalam tembak menembak di dekat Sydney dalam keadaan ktis berada dalam penjagaan polisi di sebuah rumah sakit. Mereka mengatakan, seorang polisi juga menderita luka ringan akibat tembakan.

Penahanan itu dilakukan hanya beberapa hari setelah pemerintah Australia cepat-cepat mengamandemen undang-undang mengenai terorisme baru untuk memberi polisi wewenang untuk menangkap terdangka yang terlibat dalam taham awal rencana serangan.

Pihak berwajib mengatakan, mereka menemukan bahan pembuat bom dalam penggerebegan dan bahwa beberapa orang telah terlibat dalam latihan gaya militer di daerah pedesaan Australia.

XS
SM
MD
LG