Tautan-tautan Akses

Sebuah Kota di Prancis Utara Berlakukan Larangan Keluar Rumah


Sebuah kota di Prancis utara telah menjadi kota Prancis pertama yang memberlakukan larangan keluar rumah dalam usaha menghentikan kerusuhan yang sudah berlangsung hampir dua minggu yang dilakukan terutama oleh pemuda Muslim asal Afrika Utara.

Selain larangan keluar rumah itu, pihak berwajib di kota Amiens telah melarang penjualan bensin kepada kaum remaja dalam usaha yang rupanya untuk mencegah dilakukannya pembakaran oleh para perusuh.

Pemerintah Prancis hari Selasa menyatakan keadaan darurat di daerah-daerah yang dilanda kerusuhan di negara itu dan memberi pemerintah-pemerintah lokal wewenang untuk memberlakukan larangan keluar rumah. Dalam sebuah sidang darurat parlemen hari Selasa,

Perdana Menteri Dominique de Villepin mengumumkan sejumlah langkah untuk mengatasi yang dikatakan oleh banyak warga Prancis penyebab utama kerusuhan itu, yakni pengangguran di kalangan pemuda, sekolah-sekolah miskin dan diskriminasi.

Tindak kekerasan mulai timbul akhir bulan lalu ketika dua pemuda Muslim yang secara tidak sengaja terkena arus listrik ketika bersembunyi dari kejaran polisi di sebuah bangunan pembangkit listrik di luar Paris. Kekerasan itu telah menewaskan seorang pria dan menghancurkan ratusan bangunan.

XS
SM
MD
LG