Tautan-tautan Akses

Bush Desak Negara-Negara Amerika Latin Tidak Menjauh Dari Demokrasi


Presiden Bush telah mengakhiri kunjungannya di Brazil dengan pidato yang mendesak bangsa-bangsa Amerika Latin agar jangan menjauh dari demokrasi. Berbicara di ibukota Brasilia hari Minggu, Presiden Bush mengatakan sebagian orang di wilayah itu berusaha menghambat kemajuan demokrasi di wilayah itu dengan, menurut kata-katanya, saling mengadu domba antar tetangga dan saling menyalahkan satu sama lain atas kegagalan mereka.

Bush tidak menyebutkan nama, tetapi kata-katanya dianggap sebagai kecaman terhadap Presiden Venezuela Hugo Chavez. Presiden Bush mengatakan, sebaliknya, demokrasi memberikan visi mengenai harapan, berdasar pada pemerintah perwakilan dan kepercayaan pada kekuatan kebebasan untuk mengubah kehidupan.

Sebelumnya, Presiden Bush bertemu dengan Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva. Kedua tokoh tersebut mengecilkan tentangan Brazil terhadap Zona perdaga-ngan bebas Amerika yang diusulkan Amerika, dengan mengatakan hubungan Amerika dan Brazil kuat. Presiden Bush selanjutnya menuju Panama sebelum terbang pulang ke Washington, hari Senin ini.

XS
SM
MD
LG