Tautan-tautan Akses

India Buka Satu Pos Penyeberangan di Perbatasan Kashmir


India mengatakan hanya satu pos penyeberangan di sepanjang perbatasan Kashmir yang tegang dengan Pakistan akan dibuka seperti dijadwalkan hari Senin. Dalam upaya menolong para korban gempa yang menghancurkan bulan lalu, India dan Pakistan minggu lalu sepakat membuka lima pos penyeberangan dalam garis kontrol yang memisahkan pasukan masing-masing negara yang bersaing di Kashmir.

Namun hari ini, Minggu, seorang juru bicara Angkatan Darat India mengatakan Pakistan perlu dipersalahkan karena keterlambatan pembukaan dua penyeberangan lainnya, dan persiapan belum diselesaikan di dua tempat lainnya.

Juru bicara India itu mengatakan tentara masih sibuk membersihkan medan dari ranjau dekat garis kontrol, dan juga di jalan-jalan yang tertutup tanah longsor ketika gempa menghantam tanggal 8 Oktober. Salju dan suhu membeku diperkirakan akan tiba minggu ini di sekitar Muzaffarabad, ibukota Kashir Pakistan yang hancur.

Para petugas pertolongan mengatakan cuaca buruk akan menyebabkan penderitaan lebih jauh bagi sebagian besar dari tiga juta korban selamat dari gempa yang masih belum memiliki tempat tinggal, dan kemungkinan bisa menambah angka kematian akibat bencana – yang telah mencapai lebih dari 73 ribu orang.

Kashmir terbagi antara India dan Pakistan setelah kedua negara memenangkan kemerdekaan dari Inggris tahun 1947. Masih-masih pihak mengklaim keseluruhan wilayah itu sebagai miliknya. Perselisihan itu telah mencetuskan dua kali perang dan terpisahnya keluarga-keluarga selama lebih dari setengah abad.

XS
SM
MD
LG