Tautan-tautan Akses

Palang Merah Internasional Ingin Tinjau Penjara Rahasia CIA


Palang Merah Internasional telah meminta izin kepada Amerika agar dibolehkan menjenguk semua tersangka yang terkait al-Qaida yang ditahan Amerika, termasuk yang kabarnya ditahan di penjara-penjara.

Juru bicara Palang Merah mengatakan badan tersebut sangat prihatin akan nasib tahanan itu. Hari Rabu surat kabar Washington Post dan televisi NBC melaporkan, badan intelijen Amerika CIA menahan tersangka utama al Qaida di tempat-tempat rahasia di luar Amerika.

Menurut laporan itu, ada lebih dari 100 tahanan yang di-interogasi di berbagai penjara di paling tidak dua negara Eropa Timur, di Thailand dan lokasi lain. Thailand dan banyak negara Eropa Timur telah membantah penjara yang dimaksud terdapat di wilayah mereka.

Juru bicara Uni Eropa mengatakan, Komisi Eropa akan menyelidiki laporan itu dan apakah rumah tahanan rahasia itu melanggar Undang-Undang Hak Asasi Manusia Uni Eropa atau tidak. Departemen Luar Negeri Amerika menyatakan pihaknya tidak ada menerima kerjasama untuk melakukan penyelidikan.

XS
SM
MD
LG