Tautan-tautan Akses

Bush Menguraikan Strategi Untuk Memerangi Flu Burung


Presiden Bush minta kepada Kongres Amerika 7,1 miliar dolar untuk mempersiapkan Amerika Serikat bagi kemungkinan pandemik flu burung. Ketika berbicara di Institut Kesehatan Nasional atau NIH di luar Washington hari Selasa, Presiden Bush mengatakan sampai sekarang tidak ada tanda-tanda pandemi dalam waktu dekat di Amerika ataupun di luar negeri. Tetapi ia memperingatkan virus flu avian menunjukkan virus ini bisa menginfeksi manusia dengan penyakit mematikan itu, dan saat membuat persiapan adalah sekarang.

Presiden Bush membentangkan strategi yang menetapkan agar pemerintah menimbun sebanyak-banyaknya obat dan vaksin anti-flu, mendeteksi setiap wabah secepatnya, dan mendidik warga Amerika dalam cara-cara mencegah penyebaran flu burung. Ia mengatakan 88 negara sudah bergabung dalam upaya internasional untuk mendeteksi wabah di seluruh dunia.

Presiden Bush juga mengatakan Amerika Serikat perlu meningkatkan teknologi medisnya supaya bisa segera memproduksi vaksin anti flu bagi setiap warga Amerika. Ia meminta Kongres supaya memberi produsen vaksin perlindungan lebih besar dari gugatan hukum, yang menurutnya membuat produsen keluar dari pasar vaksin.

Pekan lalu, Senat Amerika menyetujui dana 8-milyar dolar bagi persiapan menghadapi flu burung. DPR Amerika belum menyetujui langkah itu.

XS
SM
MD
LG