Tautan-tautan Akses

Senat AS Kembali ke Sidang Terbuka Setelah Mendadak Lakukan Sidang Tertutup


Senat Amerika kembali ke sidang terbuka, setelah pihak Demokrat memaksa para anggota Senat mengadakan sidang tertutup untuk menuntut perdebatan mengenai informasi intelijen pra-perang dan pembocoran nama seorang agen rahasia CIA.

Ketua fraksi Minoritas di Senat Harry Reid hari Selasa memberlakukan peraturan Senat yang jarang digunakan untuk menutup ruangan itu bagi umum dan media selama kurang lebih dua jam. Reid mengatakan rakyat Amerika dan tentara Amerika berhak mengetahui apakah pemerintahan Bush memanipulasi informasi intelijen dalam membuat argumentasinya untuk berperang.

Pihak Republik di Senat marah oleh langkah mendadak ini, dengan menyebutnya sebagai “siasat belaka.” Ketua fraksi mayoritas di Senat, Bill Frist menuduh pihak Demokrat membajak Senat. Protes dari pihak Demokrat itu muncul setelah pendakwaan dan pengunduran diri pembantu utama Gedung Putih Lewis Libby hari Jumat.

Libby didakwa dengan lima macam tuduhan, merintangi proses keadilan, berdusta di bawah sumpah dan membuat pernyataan palsu dalam penyelidikan mengenai siapa yang membocorkan identitas seorang agen CIA. Suami agen CIA itu, mantan Dutabesar Joe Wilson, menuduh pemerintahan Bush mengungkapkan identitas isterinya sebagai pembalasan karena ia mengecam rasional bagi perang di Irak.

XS
SM
MD
LG