Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga Amerika Melayat Pelopor Pejuang Hak Sipil, Rosa Parks


Puluhan ribu warga Amerika berdiri dalam antrian di Washington, D.C., untuk melayat pelopor pejuang hak-hak sipil Rosa Parks yang jenasahnya disemayamkan di ruangan Rotunda, gedung Kongres Amerika Serikat.

Orang-orang mulai berjalan melewati peti jenasah Rosa Parks Minggu malam setelah upacara yang dihadiri Presiden dan anggota Kongres.

Presiden Bush dan ibu negara Laura Bush meletakkan karangan bunga dalam penghormatan singkat. Presiden memerintahkan supaya bendera Amerika dikibarkan setengah tiang untuk menghormati nyonya Parks.

Hampir 50 tahun lalu di Montgomery, wilayah Negara-bagian Alabama, Amerika, Rosa Parks menentang undang-undang yang mengharuskannya memberikan tempat duduk di bus kota kepada orang kulit putih manapun yang menginginkannya. Penangkapan Rosa Parks memicu serangkaian peristiwa yang menjurus pada diakhirinya segregasi (pemisahan antara warga kulit putih dan kulit hitam) yang waktu itu dilegalkan di Amerika.

Nyonya Parks meninggal minggu lalu pada usia 92 tahun. Ia akan dimakamkan pada hari Rabu di Detroit, negara bagian Michigan, Amerika.

XS
SM
MD
LG