Tautan-tautan Akses

Pejabat India dan Pakistan Siap Bahas Pembukaan Tapal Batas di Kashmir


Para pejabat India dan Pakistan siap untuk membahas pembukaan tapal batas mereka di Kashmir yang menjadi persengketaan kedua negara itu, untuk membantu usaha pertolongan kepada para korban gempa dahsyat di kawasan itu yang menewaskan 55 ribu orang.

Para pejabat Kementerian LN kedua negara menurut rencana akan mengadakan pembicaraan di Islamabad Sabtu ini mengenai masalah membolehkan warga Kahsmir melintasi garis pemisah kekuasaan yang dijaga keras oleh militer, yakni garis gencatan senjata yang memisahkan wilayah di Himalaya yang terpecah belah antara kedua musuh bebuyutan, India dan Pakistan.

Kedua pemerintah telah menyatakan bersedia untuk membuka tapal batas itu namun belum berhasil menentukan caranya. Para pejabat PBB mengatakan pembukaan tapal batas itu dapat membantu pemberian usaha pertolongan kepada korban gempa, yang terhalang karena kurangnya dana.

Sementara itu, survei Dinas geologi AS mengatakan gempa susulan berkekuatan 5,5 menurut skala Richter menggoncang Pakistan Utara Sabtu pagi ini. Belum ada informasi mengenai jatuhnya korban atau pun kerusakan.

XS
SM
MD
LG