Tautan-tautan Akses

Korban Gempa Pakistan Butuh Bantuan Uang


Para pejabat PBB mengatakan mereka membutuhkan uang tunai yang segera untuk menyelamatkan jiwa di daerah yang dilanda gempa bumi di Pakistan. Mereka berpendapat masyarakat internasional tidak menyadari kedahsyatan tragedi itu.

Ucapan para pejabat PBB ini dikeluarkan sehari setelah masyarakat internasional menjanjikan bantuan 580 juta dolar untuk pertolongan dan rekonstruksi di Pakistan. Menurut mereka dari jumlah itu hanya 16 juta dolar untuk operasi pertolongan.

Kordinator Bantuan Darurat PBB, Jan Egeland mengatakan, adalah keliru untuk menahan uang untuk rekonstruksi di masa depan kalau uang tersebut dibutuhkan sekarang juga untuk menyelamatkan jiwa. Mereka khawatir melihat ada sekitar tiga juta orang yang hidup di lapangan terbuka sedang musim dingin Himalaya yang berat hanya beberapa minggu lagi.

Selain bantuan 156 juta dolar yang dijanjikan Amerika, Presiden Bush mengatakan para eksekutif dari sejumlah perusahaan terkenal di dunia akan memelopori upaya mengumpulkan sumbangan sektor swasta untuk korban sipil gempa itu. Eksekutif itu antara lain dari General Electric, Pfizer, Xerox, Citigroup dan UPS.

XS
SM
MD
LG