Tautan-tautan Akses

Kofi Annan akan Meminta 550 Juta Dolar Dalam Konperensi Negara-Negara Donor di Jenewa


PBB kini berusaha mengumpulkan hampir dua kali lipat dari dana yang sebelumnya diminta untuk membantu korban gempa bumi di Pakistan.

Sekjen PBB Kofi Annan diperkirakan akan meminta hampir 550 juta dolar dalam konperensi negara-negara donor di Jenewa hari ini. PBB pada awalnya meminta 312 juta dolar, dan menyatakan hanya berhasil mengumpulkan sepertiga dari dana yang jumlahnya lebih kecil itu.

Para pejabat pertolongan di Pakistan telah mengingatkan bahwa bantuan tambahan dibutuhkan sebelum musim dingin tiba. Mereka mengatakan mereka telah menerima hanya sebagian kecil dari jumlah tenda yang diperlukan untuk kira-kira 3 juta orang yang telah kehilangan rumah akibat gempa.

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperingatkan bahwa hanya beberapa minggu lagi, salju akan mulai menghambat jalan pengangkutan barang-barang kebutuhan ke beberapa daerah bencana.

Para pejabat mencemaskan ribuan orang akan meninggal akibat ketiadaan tenda, makanan dan suplai-suplai lain. Gempa tanggal 8 Oktober itu diduga telah menewaskan lebih dari 54 ribu orang di Pakistan.

Pakistan mengatakan, dibutuhkan dana lima miliar dolar untuk membangun kembali kawasan-kawasan yang hancur akibat gempa.

XS
SM
MD
LG