Tautan-tautan Akses

AS dan Prancis Desak Syria Menahan Para Tersangka  Pembunuhan Hariri


Amerika Serikat dan Prancis mendukung langkah-langkah yang akan memaksa Siria menahan setiap warganya yang dicurigai dalam pembunuhan mantan Perdana Menteri Lebanon Rafik Hariri.

Para pejabat kedua negara mengedarkan sebuah rancangan resolusi PBB Selasa petang yang mencakup imbauan bagi pembekuan aset dan larangan bepergian terhadap para tersangka dalam pembunuhan itu.

Rancangan resolusi itu diumumkan kepada publik setelah pertemuan Dewan Keamanan untuk membahas penyidikan PBB, yang mengemukakan keterlibatan pejabat-pejabat Siria dan Lebanon dalam pembunuhan itu.

Sebelumnya Detlev Mehlis, ketua penyelidik yang ditunjuk PBB, mengimbau Siria supaya meningkatkan kerja-sama dalam penyelidikan itu. Pejabat-pejabat Siria menolak pengusutan oleh PBB itu, dengan mengatakan penyidikan itu dipengaruhi oleh lawan-lawan Siria.

Sementara itu, di Washington, Presiden Bush mendesak PBB meminta pertanggung jawaban Siria atas apa yang ia sebut dukungan Siria sampai sekarang bagi terorisme, termasuk sinyalemen bahwa Siria berperan dalam kematian Hariri.

XS
SM
MD
LG