Tautan-tautan Akses

Topan Wilma Terjang Florida


Jawatan Cuaca Amerika mengatakan, Topan Wilma kembali menguat dengan angin berkecepatan 185 kilometer per jam dan bergerak cepat di pesisir Amerika timur.

Para pejabat mengatakan, Wilma menerjang ujung selatan negarabagian Florida hari Senin menimbulkan banjir luas, menumbangkan pohon, tiang listerik dan menerbangkan sampah. Lebih dari tiga juta penduduk kini tanpa aliran listrik.

Presiden Bush telah mendeklarasikan beberapa daerah di Florida sebagai daerah bencana. Para pejabat Jawatan Tanggap Darurat Federal – yang dikecam luas karena tanggapan mereka yang lambat sewaktu Topan Katrina – mengatakan Jawatan bekerja erat dengan pemerintah negarabagian dan lokal dalam menanggapi akibat yang ditimbulkan Topan Wilma.

Paramal cuaca sedang memantau badai tropis Alpha yang berada 620 kilometer barat daya Bermuda. Dikatakan Alpha diperhitungkan terus bergerak ke arah utara sampai diserap oleh Topan Wilma. Keduanya diperkirakan bakal menyebabkan hujan lebat dan banjir di sepanjang pesisir Amerika timur.

XS
SM
MD
LG