Tautan-tautan Akses

Pengusaha Jepang Lobi Pemerintah Cina, Redakan Isu Kuil Yasukuni


Media Jepang mengatakan – pemimpin dari lobi bisnis Jepang yang paling berpengaruh, bertemu dengan Presiden Cina bulan lalu guna membicarakan kunjungan Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi ke kuil perang yang kontroversial.

Hiroshi Okuda, Ketua dari Federasi Bisnis Jepang, dan pemimpin dari Toyota Motor Corporation, dilaporkan bertemu di Beijing pada tanggal 30 September yang lalu dengan Presiden Hu Jintao guna membicarakan pengaruh dari kunjungan itu terhadap hubungan bilateral antara kedua negara.

Tidak diperoleh perincian dari pembicaraan tersebut. Koizumi telah menimbulkan kemarahan dan protes dari Cina dan Korea Selatan pada hari Senin, ketika ia melakukan sembahyang di Kuil Yasukuni, yang menghormati korban perang Jepang, termasuk mereka yang dianggap sebagai penjahat perang dari PD ke 2.

Kunjungan tahunan Koizumi kesana telah menimbulkan keprihatinan dikalangan pebisnis Jepang, yang chawatir kepentingan mereka di Cina akan dirugikan, termasuk kemungkinan diberlakukannya boikot terhadap barang-barang Jepang.

XS
SM
MD
LG