Tautan-tautan Akses

Wakil Menlu AS Mendapat Pertanyaan Sengit Dalam Diskusi di Jakarta


Seorang pejabat departemen luar negeri Amerika yang mengunjungi Indonesia membela keputusan Washington melancarkan perang terhadap Irak. Wakil Menteri Luar Negeri urusan Diplomasi Publik, Karen Hughes berbicara hari Jumat dengan mahasiswa Indonesia yang skeptis di Jakarta.

Kepada mereka dia mengatakan konsensus pendapat dunia pada waktu itu adalah bahwa Saddam Husein merupakan ancaman yang berbahaya. Tetapi beberapa dari mahasiswa Indonesia itu menolak pernyataan Hughes dan mengecam kebijakan luar negeri pemerintah Bush.

Seorang mahasiswa mengutuk Presiden Bush, dengan menyebut kebijakannya menciptakan permusuhan di kalangan muslim. Seorang mahasiswa lainnya mempertanyakan mengapa Amerika Serikat menganggap diri sebagai polisi dunia.

Hughes sesudah diskusi itu mengatakan dia tidak terkejut dengan kecaman itu, tetapi dia mengakui perlunya Washington membenahi citra di luar negeri. Utusan Amerika itu juga akan melakukan peninjauan ke provinsi Aceh, yang hancur oleh gempa bumi dan tsunami tahun lalu.

XS
SM
MD
LG