Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Gempa Pakistan Menjadi 48 Ribu Jiwa


Pakistan telah menaikkan angka korban yang tewas oleh gempa dahsyat di negara itu menjadi 48 ribu, sementara PBB menyerukan upaya pertolongan lebih besar untuk membantu korban yang selamat. Pejabat tertinggi penanggulangan bencana Pakistan melaporkan angka baru itu hari Rabu, dengan mengatakan 67 ribu orang luka-luka.

Di markasbesar PBB, Sekretaris Jenderal Kofi Annan mengeluarkan seruan baru bagi bantuan luar negeri guna mencegah apa yang dia sebut “gelombang kedua” kematian akibat gempa itu. Badan Kanak-Kanak PBB, UNICEF mengatakan 120 anak-anak masih tetap belum terjangkau di beberapa wilayah.

Dua goncangan susulan dilaporkan hari Rabu, yang menyebabkan tanah longsor tetapi tidak ada korban baru. Para pejabat di Kashmir India membuka hubungan telepon langsung dengan Kashmir Pakistan, yang memungkinkan warga menelpon sanak keluarga yang terpisah untuk perama kali dalam 15 tahun.

India juga menyambut baik tawaran Pakistan untuk mengizinkan warga Kashmir India melintas ke wilayah Pakistan guna membantu upaya pertolongan. Tetapi tidak jelas bila para pejabat akan membuka Garis Demarkasi militer di Kashmir yang terbagi itu.

XS
SM
MD
LG