Tautan-tautan Akses

Saddam Hussein Nyatakan Tidak Bersalah Dalam Sidang Peradilan


Pemimpin Irak yang terguling Saddam Hussein yang dihadapkan ke pengadilan Irak hari ini menyatakan diri tidak bersalah terhadap dakwaan memerintahkan pembunuhan lebih dari 140 pria syiah tahun 1982.

Sidang peradilan mantan diktator dan 7 pembantunya itu dimulai di bawah pengamanan ketat di Zona Hijau yang dijaga keras. Jika divonis bersalah dia dapat dijatuhi hukuman mati.

Bekas pemimpin berusia 68 tahun itu mendengarkan dengan cermat dan terkadang menyela jalannya sidang dari areal berpagar dimana dia dan terdakwa lain ditempatkan. Sidang itu yang disiarkan televisi Irak berlangsung sekitar tiga jam dan kemudian diundur sampai 28 November.

Saddam dituduh memerintahkan eksekusi itu setelah lolos dari upaya pembunuhan sewaktu berkunjung ke kota Dujail Irak Utara 23 tahun yang lalu. Hari ini di lapangan kota, puluhan demonstran menyerukan agar ia dihukum mati.

Di Washington, jurubicara Gedung Putih mengatakan peradilan itu merupakan langkah penting dalam membangun negara Irak yang demokratis dan melambangkan kembalinya supremasi hukum ke negara itu.

XS
SM
MD
LG