Tautan-tautan Akses

Cina Batalkan Kunjungan Menteri Luar Negeri Jepang


Cina membatalkan lawatan Menteri Luar Negeri Jepang Nobutaka Machimura ke Beijing, setelah perdana menteri Jepang berziarah ke tugu Yasukuni yang kontroversial itu.

Kementrian Luar Negeri Cina hari Selasa mengatakan zaiarah ke tugu itu tidak tepat waktu, dilihat dari segi keadaan dewasa ini. Hari Senin, Cina dan Korea Selatan keduanya mencela ziarah yang dilakukan Perdana Menteri Junichiro Koizumi ke tugu Yasukuni.

Tugu itu adalah untuk menghormati dua-setengah juta tentara Jepang yang tewas semasa perang, termasuk penjahat perang yang sudah didapati bersalah. Pihak-pihak pengecam menganggap Yasukuni sebagai lambang agresi militer masa lalu Jepang, tetapi Koizumi mengatakan ziarah yang dilakukannya itu adalah untuk berdoa bagi perdamaian.

Angket pendapat umum yang dirilis hari Selasa menunjukkan warga Jepang berbeda pendapat atas ziarah yang dilakukan perdana menteri itu, sementara 48 persen orang mendukung ziarah-siarah semacam itu dan 45 persen menentangnya. Koizumi sudah lima kali bersiarah ke tugu itu sejak ia dilantik pada tahun 2001.

XS
SM
MD
LG