Tautan-tautan Akses

Rumsfeld Pertanyakan Peningkatan Anggaran Militer Cina


Menteri Pertahanan Amerika Donald Rumsfeld mempertanyakan motif di belakang peningkatan anggaran militer Cina, tetapi ia juga mengundang Beijing memegang peran lebih besar dalam keamanan global.

Rumsfeld tiba di Beijing hari Selasa, untuk bertemu dengan beberapa pejabat tinggi dan meninjau fasilitas-fasilitas militer. Sebelum tiba, Rumsfeld mengatakan beberapa negara heran mengapa Cina tampak meningkatkan upaya pertahanan tanpa mengakuinya.

Nada ucapan itu tidak setajam komentarnya pada bulan Juni bahwa peningkatan anggaran militer Beijing bisa mengancam perimbangan keamanan di Asia. Cina membantah sinyalemen pengerahan militer itu, dengan mengatakan peningkatan tersebut adalah untuk memperbaiki kondisi hidup personil militer. Pentagon memperkirakan Cina mengeluarkan anggaran 90-milyar dolar untuk pertahanan tahun ini – hampir tiga kali lipat dari yang diumumkan Cina.

Sementara itu, dalam pernyataan mengenai kesepakatan perlucutan senjata nuklir Korea Utara, Rumsfeld mengatakan kesepakatan final akam memerlukan sistem verifikasi yang tegas.. Dalam lawatannya ke seluruh dunia ini, Rumsfeld bermaksud mengunjungi beberapa negara Asia dan Eropa.

XS
SM
MD
LG