Tautan-tautan Akses

Menlu Rice Peringatkan Iran Agar Jangan Dukung Militan Irak


Mentri Luar Negri Amerika Condoleezza Rice mengatakan Washington telah memperingatkan Iran agar jangan mendukung kaum militan di Irak Selatan. Mentri LN Rice mengatakan di London hari Ahad bahwa Washington telah berusaha menyampaikan pesan ini kepada Iran melalui saluran-saluran diplomatik yang jarang digunakan.

Amerika Serikat dan Iran tidak mempunyai hubungan diplomatik. Ia mengatakan Washington menggunakan saluran-saluran ini hanya kalau Amerika ingin menyampaikan pesan-pesan keras. Inggris telah menuduh Iran mendukung kaum pembrontak yang bertanggung jawab atas serangkaian serangan maut terhadap pasukan koalisi di Irak Selatan. Teheran menyangkal tuduhan itu.

London adalah persinggahan terakhir dalam perjalanan Mentri LN Rice ke Eropa, Rusia, dan Asia tengah. Ia memberikan dukungannya terhadap upaya Inggris untuk meyakinkan Iran agar meninggalkan program nuklirnya. Washington berpendapat Iran berusaha membuat senjata nuklir. Mentri LN Rice juga mengatakan menurut pendapatnya konstitusi Irak mungkin akan lolos, dan mengatakan jumlah pemilih yang besar merupakan pukulan bagi kaum teroris.

XS
SM
MD
LG