Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Gempa Pakistan Diperkirakan Mencapai 54 Ribu


Pejabat-pejabat di Kashmir Pakistan meningkatkan dengan tajam perkiraan angka korban di kawasan mereka sekurang-kurangnya 40-ribu lagi akibat gempa besar yang terjadi delapan hari yang lalu. Dengan demikian angka korban seluruhnya di Pakistan menjadi lebih dari 54-ribu. Jurubicara Perdana Mentri Sikandar Hayat Khan di bagian kawasan Himalaya yang dikuasai Pakistan, mengatakan angka korban masih dapat naik sementara regu-regu penyelamat mencapai desa-desa terpencil.

Juga hari Ahad, hujan lebat dan suhu dingin telah memaksa pembatalan upaya bantuan lewat udara di Kashmir-Pakistan, mengakibatkan mereka yang selamat dari gempa tapi tak berumah lagi menunggu-nunggu dengan sia-sia bantuan yang dibutuhkan. Pejabat-pejabat militer mengatakan cuaca buruk kemungkinan telah mengakibatkan korban lebih jauh di antara mereka yang tak berumah lagi, yang sekarang menghadapi musim dingin Himalaya yang panjang.

Sebuah helikopter militer Pakistan hari Sabtu jatuh ketika membawa pasokan bantuan untuk para korban gempa di daerah-daerah yang sebelumnya tak terjangkau, menewaskan ke enam tentara di dalam pesawat itu. Penerbangan bantuan juga dihentikan di wilayah India di kawasan Himalaya yang terbagi itu, dimana lebih dari 1.400 orang tewas akibat gempa.

Sementara itu, regu penyelamat Pakistan berhasil mengeluarkan seorang gadis dari bawah reruntuhan rumahnya hari Ahad, delapan hari setelah gempa bumi yang menyebabkan kerusakan luas yang menewaskan puluhan ribu orang, termasuk orang-tua gadis itu. Seorang jurubicara militer, Mayor Jendral Shaukat Sultan mengatakan tentara menyelamatkan seorang gadis penderita polio di desa Sanger di Provinsi North West Frontier.

Jurubicara itu mengatakan tentara diberitahu dimana gadis itu berada oleh dua saudaranya, berumur tujuh dan sembilan tahun, yang datang ke sebuah posko bantuan dengan saudara perempuannya yang baru berumur tujuh bulan dan minta-minta bantuan. Kedua anak laki-laki itu membawa tentara ke rumah dimana gadis itu terkurung. Berita itu memberikan saat menggembirakan kepada rakyat Pakistan, pada hari hujan lebat memberikan kesulitan lagi kepada mereka yang tidak berumah lagi yang selamat dari gempa dan angka korban yang mencapai 54 ribu orang.

XS
SM
MD
LG