Tautan-tautan Akses

Kelompok G-20 Serukan Ditetapkan Harga Minyak Yang Stabil


Kelompok dari 20 negara-negara yang paling maju serta negara-negara berkembang terbesar telah menyerukan agar ditetapkan harga minyak serta suplai energi yang stabil. Pada penutupan pertemuan dua hari di Cina itu, negara-negara G-20 hari ini mengatakan tingginya harga minyak dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan inflasi, serta mengguncang perekonomian global.

Pernyataan bersama itu juga menyerukan agar dicapai kompromi dalam perselisihan masalah perdagangan yang menghambat kemajuan dalam perundingan di Organisasi Perdagangan Sedunia (WTO). Kelompok tersebut mengatakan keberhasilan dalam perundingan-perundingan itu sangat penting dalam menjamin globalisasi dapat menguntungkan seluruh negara. Kelompok itu mengatakan perundingan itu juga dapat menjadi sumbangan kunci bagi tercapainya tujuan pengurangan tingkat kemiskinan yang telah dicanangkan oleh PBB.

Perundingan-perundingan WTO telah terhambat oleh perselisihan-perselisihan mengenai seberapa jauh negara-negara kaya bersedia untuk membatalkan subsisi-subsidi serta tarif-tarif, terutama dalam bidang pertanian, yang telah merugikan negara-negara berkembang.

XS
SM
MD
LG