Tautan-tautan Akses

Irak Memperketat Penjagaan Keamanan Menjelang Referendum RUUD


Irak memperketat penjagaan keamanan menjelang referendum RUUD hari Sabtu besok. Tentara koalisi membantu mendirikan pos-pos pemeriksaan dan rintangan beton dekat TPS-TPS di seluruh Irak. Para pejabat juga memberlakukan jam malam dan berencana akan menutup perbatasan dan melarang semua kendaraan berada di jalan-jalan hari Jumat ini.

Tindakan tersebut bertujuan untuk mencegah kekerasan oleh kaum pemberontak yang telah bersumpah akan mengacau pemungutan suara itu. Hari Kamis kemarin, dua polisi Irak tewas di Irak bagian utara, dan bom pinggir jalan di tempat lain menewaskan dua warga sipil dan seorang tentara Amerika. Sekitar 15-setengah juta warga Irak berhak memberi suara, termasuk sejumlah tahanan yang mulai memberikan suara hari Kamis kemarin.

Para pejabat Irak menyetujui perubahan pada menit-menit terakhir pada RUUD itu pekan ini, dalam upaya untuk mendapatkan dukungan dari kaum Arab Sunni, yang menentang RUUD itu. Tetapi banyak kelompok Sunni mengatakan mereka tetap akan menolak RUUD itu.

XS
SM
MD
LG