Tautan-tautan Akses

Pasukan Irak dan AS Meningkatkan Keamanan di Seluruh Negeri


Pasukan Iraq dan AS meningkatkan keamanan di seluruh negeri, menjelang referendum nasional akan sebuah konstitusi baru yang akan diselenggarakan Saptu lusa. Pasukan keamanan bersiap memberlakukan jam malam mulai Kamis malam ini menurut waktu setempat. Mereka juga bersiap menutup perbatasan Iraq, melarang lalu-lintas antara propinsi-propinsi negara itu dan mendirikan halang-rintang di sekeliling TPS-TPS.

Pasukan AS dan Iraq juga terus menyerang tempat-tempat persembunyian kaum militan di Baghdad dan di kota-kota besar lainnya. Kemarin, parlemen Iraq memberikan persetujuannya pada menit-menit terakhir rancangan konstitusi yang ditujukan untuk memperoleh dukungan kaum minoritas Arab Sunni dalam referendum tsb.

Langkah tadi memungkinkan parlemen untuk mempertimbangkan amandemen terhadap piagam konstitusi, jika disetujui pada referendum Saptu lusa. Salah sebuah partai utama Sunni, Partai Islam Iraq, telah bernjanji akan mendukung rancangan UUD tsb, walaupun partai-partai Sunni lainnya menentang RUUD tsb. Ulama terkemuka Iraq Ayatollah Agung Ali al-Sistani juga menganjurkan para pemilih untuk menyetujui RUUD itu.


XS
SM
MD
LG