Tautan-tautan Akses

Uni Eropa Tolak Setujui Pengurangan Tajam Subsidi Pertanian


Menteri-menteri perdagangan negara-negara berkembang dan industri gagal membujuk Uni Eropa supaya menyetujui penyusutan tajam subsidi pertanian dalam perundingan di Jenewa.

Menteri-menteri negara berkembang besar seperti India dan Brazil hari Rabu menyertai Amerika Serikat dalam mendesak Uni Eropa supaya melakukan pengurangan tajam subsidi.

Pembicaraan berakhir tanpa kesepakatan, tetapi menurut para pejabat mereka akan melanjutkannya pekan depan di Jenewa. Diskusi mengenai subsidi pertanian merupakan bagian dari upaya untuk menetapkan garis-garis besar perjanjian perdagangan global menjelang KTT Organisasi Perdagangan Dunia, WTO, di Hongkong bulan Desember.

Sebelumnya pekan ini, Amerika Serikat menawarkan pengurangan 60 persen subsidi pertanian tertentu. Washington menghimbau Jepang dan Uni Eropa untuk melakukan pengurangan lebih tajam karena petani mereka mendapat subsidi lebih besar. Papa pejabat Uni Eropa menanggapi dengan tawaran penyusutan lebih jauh, tetapi tidak seperti yang diminta Washington. Sementara itu, Jepang menolak penyusutan apapun.

XS
SM
MD
LG