Tautan-tautan Akses

Menteri Dalam Negeri Syria Tewas Bunuhdiri


Syria mengatakan, Menteri Dalam Negeri Ghazi Kanaan, pimpinan jaringan intelijen Syria di Libanon selama dua dasawarsa sampai tahun 2003, telah melakukan bunuhdiri. Kantor berita Syria melaporkan, kematian menteri itu terjadi sekitar tengah-hari waktu setempat hari Rabu di kantornya di Damaskus.

Kantor berita Prancis mengutip seorang pembantunya mengatakan jenderal itu menembak dirinya di mulut. Jenderal Kanaan dimintai keterangan belum lama ini oleh para penyidik PBB yang menyelidiki pembunuhan atas mantan Perdana Menteri Libanon Rafiq Hariri.

Sebelumnya, Presiden Syria Bashar al-Ashad mengatakan siapa saja pejabat Syria yang didapati terlibat dalam pembunuhan itu akan didakwa melakukan pengkhianatan. Kira-kira pada saat yang sama, Jenderal Kanaan menghubungi sebuah stasiun radio Libanon untuk membantah keterlibatannya dalam pembunuhan itu. Katanya, dia menduga komentarnya itu akan merupakan yang terakhir yang dia buat.

Empat jenderal tertinggi Libanon yang pro-Syria telah didakwa dalam kaitan dengan pembunuhan Hariri itu. Bulan lalu, kepala tim penyidik PBB Detlev Mehlis mengatakan bukan hanya mereka tersangka dalam kasus itu. Satu laporan akhir PBB akan dikeluarkan bulan ini.

XS
SM
MD
LG