Tautan-tautan Akses

Pejabat Pakistan: Gempa Menewaskan Lebih Dari 19.000 Orang


Para pejabat Pakistan mengatakan angka korban dari gempabumi hari Sabtu mungkin akan meningkat sampai kurang lebih 20,000 orang sementara para pekerja penyelamat tiba di daerah-daerah yang terputus oleh bencana itu. Presiden Pakistan Pervez Musharraf menghimbau bantuan internasional, terutama helikopter untuk membantu mencapai daerah-daerah terpencil.

Perdana Mentri Pakistan Shaukat Aziz mengatakan mayoritas besar mereka yang tewas itu berada di Kashmir yang dikuasai Pakistan, letak pusat gempa yang berkekuatan 7,6. Di bagian-bagian lain di Pakistan, orang-orang menggali dengan tangan mencari orang-orang yang dicintai sementara para petugas menggunakan peralatan pembangunan untuk memindahkan timbunan reruntuhan. Para saksi mata mengatakan anak-anak yang terkurung di bawah reruntuhan sebuah sekolah yang roboh dapat didengar berteriak-teriak minta tolong selama 24 jam.

Di negara tetangga India, para pejabat mengatakan lebih dari 600 orang tewas, sebagian besar di Kashmir-India. Angka korban di sana juga diperkirakan akan meningkat sementara para pekerja penyelamat mencapai desa-desa di gunung-gunung yang terpencil. PM India Manmohan Singh berbicara lewat tilpon dengan Jendral Musharraf, dan kedua pemimpin itu saling menawarkan bantuan.

XS
SM
MD
LG