Tautan-tautan Akses

Downer akan Berkunjung ke Indonesia untuk Melobi Pemerintah Indonesia


Para pejabat Australia mengatakan Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer akan segera berkunjung ke Indonesia untuk melobi pemerintah Indonesia agar menetapkan larangan bagi Jemaah Islamiyah yang diduga terkait dengan al-Qaida.

Kelompok Jemaah Islamiyah diyakini berada di balik serangan bom Bali sabtu lalu dan serangan-serangan bom pada tahun 2002 di Bali yang menewaskan 202 orang, di antaranya 88 orang wisatawan warga Australia. Paling sedikit dua warga Australia tewas dalam serangan bom Sabtu lalu

Pad hari ini, Menteri Kehakiman Australia Chris Ellison juga mengatakan bahwa Canberra telah menyatakan dengan jelas kepada Indonesia, Australia amat menolak keringanan hukuman untuk Kiai Abu Bakar Bashir, tersangka pemimpin spiritual Jemaah Islamiyah.

Bulan Maret lalu ia dihukum 30 bulan penjara atas konspirasi serangan bom Bali pada tahun 2002. Dalam bulan Agustus, hukumannya itu kemudian dikurangi empat bulan, sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan Indonesia dan sekarang hukumannya itu dapat dikurangi lagi satu bulan.

Hari Selasa kemarin Kiai itu mengutuk serangan bom bunuh diri di Bali akhir pekan yang baru lalu tetapi juga mengatakan bahwa itu adalah isyarat murka Tuhan terhadap pemerintah Indonesia.

XS
SM
MD
LG