Tautan-tautan Akses

Kepala Tim Anti-Terorisme Indonesia: Serangan di Bali Dilakukan Pembom Bunuhdiri


Kepala tim anti-terorisme Indonesia mengatakan, serangan terhadap tiga restoran yang penuh sesak di Bali yang menewaskan 25 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya dilakukan oleh pembom bunuhdiri. Inspektur Jenderal Polisi Ansyaad Mbai mengatakan hari ini, tiga penyerang yang mengenakan rompi bahan peledak berjalan memasuki restoran-restoran yang penuh itu Sabtu malam. Katanya sisa-sisa mayat mereka ditemukan di tempat kejadian. Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menuduh teroris dan memperingatkan kemungkinan serangan lebih lanjut. Dia akan meninjau ke pulau itu hari ini.

Tiga ledakan yang hampir serempak itu terjadi di dua restoran di Jimbaran dan di distrik pertokoan di Kuta – ajang pemboman klab malam tahun 2002 yang menewaskan 202 orang. Paling kurang seorang Australia dan seorang Jepang dilaporkan diantara yang tewas dalam ledakan hari Sabtu itu. Yang luka-luka mencakup warga Indonesia, Korea Selatan, Australia, Jepang dan Amerika. Belum ada yang mengaku bertanggungjawab melancarkan serangan itu. Presiden Yudhoyono mengatakan dia sudah diberitahu mengenai kemungkinan serangan teror, tetapi katanya laporan intelijen menyebutkan sasaran adalah Jakarta.

Para pemimpin dunia mengutuk pemboman di pulau wisata Bali. Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mencela serangan itu dan mengatakan Amerika Serikat berdiri disamping Indonesia dalam usaha menyeret para pelakunya ke pengadilan. Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengatakan pemerintahnya siap membantu dengan cara apapun yang mungkin, dan dia menyambut gembira apa yang ia sebut tekad pemerintah Indonesia untuk mengalahkan teroris. Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer mengatakan dia yakin serangan itu adalah pekerjaan kelompok seperti ekstremis Islam Jemaah Islamiyah, tetapi dia menekankan belum ada bukti siapa yang melakukan serangan itu.

Jurubicara Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengatakan pimpinan PBB itu “terkejut” Bali kembali menjadi ajang serangan, dan dia menyerukan agar pihak berwenang segera menyeret para pelaku apa yang dia sebut “serangan pengecut” itu ke pengadilan.

XS
SM
MD
LG