Tautan-tautan Akses

Panglima Pasukan AS: Pasukan Amerika di Irak Bisa Dikurangi


Panglima pasukan Amerika di Irak, Jenderal George Casey mengatakan, pasukan Amerika di Irak kemungkinan bisa ditarik dari sana tahun depan – tergantung keadaan di lapangan. Hal ini dikemukakannya dalam dengar keterangan dengan Komite Angkatan Bersenjata Senat hari Kamis.

Menurutnya perkembangan dalam beberapa bulan ke depan amat krusial dalam sesuatu keputusan untuk menarik pasukan itu. Irak menurut rencana akan mengadakan referandum mengenai Konstitusi baru tanggal 15 Oktober disusul dengan pemilihan umum bulan Desember nanti.

Jenderal Casey mengatakan ia berpendapat pemberontak akan mencoba mengacau proses peralihan politik namun tidak akan berhasil. Beberapa senator mengemukakan kekhawatiran mereka sewaktu Jenderal Casey mengatakan jumlah batalyon pasukan Irak yang dianggap dapat beroperasi tanpa bantuan Amerika telah berkurang dari tiga menjadi satu batalyon.

Ia tidak menjelaskan mengapa. Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld dan dua jenderal lain juga memberi keterangan. Komite Angkatan Bersenjata Dewan Perwakilan juga mengadakan sidang dengar keterangan mengenai Irak.

XS
SM
MD
LG