Tautan-tautan Akses

ASEAN Akan Intensifkan Kerjasama Untuk Perangi Asap Kebakaran Hutan


Para menteri Lingkungan Hidup ASEAN berjanji akan mengintensifkan kerja-sama regional untuk memerangi kebakaran hutan yang menimbulkan gumpalan asap yang acap kali menyelimuti kawasan itu.

Dalam pernyataan yang dirilis di Manila hari Selasa, para menteri memperkokoh komitmen mereka untuk memerangi pembakaran perkebunan tanpa izin yang mencemari udara dan mempengaruhi kesehatan jutaan orang. Kebakaran ini, umumnya di Indonesia, acapkali dimulai sebagai cara murah tetapi melanggar hukum untuk membuka lahan bagi perkebunan dan operasi perindustrian.

Malaysia termasuk di antara yang paling parah terkena dampak asap dan debu itu. Pada bulan Agustus, pencemaran udara naik ke tingkat berbahaya di beberapa daerah Malaysia – sehingga mengharuskan sekolah dan bandara ditutup dan menyebabkan pihak berwenang mengumumkan keadaan darurat.

Para menteri ASEAN juga memutuskan untuk membentuk pusat bio-diversitas regional di Filipina untuk mengkkordinasi upaya menyelematkan hutan yang menciut di kawasan itu.

XS
SM
MD
LG